RSS

Friends of Museum

Museum Batik, salah satu Museum di Yogyakarta
Museum Batik, salah satu Museum di Yogyakarta

Friends of museum adalah gerakan moral yang digagas oleh Pemerintah Kota Yogyakarta untuk menghimpun siapa saja yang memiliki kepedulian terhadap museum di Indonesia pada umumnya dan museum di Kota Yogyakarta pada khususnya. Sebuah gerakan untuk mencintai museum sebagai sarana transformasi nilai, ilmu pengetahuan dan informasi.

Kota Yogyakarta sebagai kota pelajar memiliki potensi generasi muda yang berkualitas. Kota Yogyakarta sebagai kota wisata, kota budaya, dan kota perjuangan memiliki ingatan-ingatan kolektif tentang kejayaanya di masa lampau. Semuanya tergambar di museum yang ada di Kota Yogyakarta.

Potensi museum yang ada di Kota Yogyakarta tidak kurang dari 5 persen dari jumlah keseluruhan museum yang ada di Indonesia. Jumlah yang sangat fantastik untuk sebuah kota yangg hanya memiliki luas tidak lebih dari 32 km persegi. Tak berlebihan jika Kota Yogyakarta ingin mendeklarasikan dirinya sebagai Kota Museum.

Friends of Museum atau sahabat museum adalah wadah kreatif anak-anak muda khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk bersama-sama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta mewujudkan impian Jogja Kota Museum. Wadah nirlaba ini akan bersama-sama dengan komunitas museum yang ada mencoba untuk menggerakan masyarakat agar mau datang, belajar dan akhirnya mencintai museum.

Daftar museum di Kota Yogyakarta :
Komplek Kraton Yogyakarta:
1.    Museum Tandu, di Bangsal Trajumas
2.    Museum Cangkir dan Kristal
3.    Museum Foto dan Lukisan di Komplek Bangsal Ksatriyan
4.    Museum Pakaian Adat serta tata cara upacara pengantin Kraton Yogyakarta di Bangsal Pangapit
5.    Museum Batik
6.    Museum Sri Sultan Hamengku Buwono IX
7.    Museum Kereta Kraton

Di luar Kraton Yogyakarta:
1.    Museum Puro Pakualam
2.    Museum Sonobudoyo
3.    Museum Sonobudoyo unit II Condrokiranan
4.    Museum Biologi
5.    Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa
6.    Museum Sasana Wiratama (Monumen Pangeran Diponegoro)
7.    Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama
8.    Museum Batik dan Sulaman
9.    Museum Sasmita Loka Panglima Besar Jenderal Sudirman
10.   Museum Beteng Yogyakarta
11.   Museum Bahari
12.   Museum Gembiraloka
13.   Museum Anak Kolong Tangga

Siapa saja yang bisa menjadi anggota Friends of Museum?
Siapa saja bisa menjadi anggota friends of museum, sekolah sebagai basis Friends of Museum tidak dapat dilepaskan dari aktifitasnya, sehingga sekolah bisa menjadi koordinator dan jembatan bagi siswa-siswa yang memiliki keinginan dan kepedulian terhadap museum-museum yang ada di Kota Yogyakarta.

Apa saja aktifitasnya?
Akan ada segudang aktifitas yang nantinya bisa dilakukan oleh friends of museum dengan tetap berorientasi pada museum. Jelajah museum secara berkala akan dilaksanakan, lomba karya tulis museum, ayo bersihkan museumku, aku bisa menjadi pemandu museum, senam pagi bareng komunitas museum dan masih banyak kegiatan yang akan dilaksanakan. Yang pasti, Friends of Museum akan mencoba menggelar aktifitas yang mendekatkan museum kepada masyarakat dan mendekatkan masyarakat pada museum.

Jika ingin mendapatkan lebih banyak informasi tentang Friends of Museum atau ingin bergabung, bisa menghubungi:
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta jalan Suroto 11 Kotabaru Yogyakarta Telpon: (0274) 588025 Email: pariwisata@jogjakota.go.id

Sumber : Tribun Jogja

Ditulis Oleh : Boeztanoel ~ SEPUTAR JOGJA

Sobat sedang membaca artikel tentang Friends of Museum. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

:: SeputarJogja ! ::

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

newer posts newer posts back home