RSS

Pantai Pok Tunggal, Pantai yang masih "Perawan"

Ikon Pantai Pok Tunggal yakni pohon Duras
Ikon Pantai Pok Tunggal yakni pohon Duras

Setelah postingan yang lalu membahas Pantai Indrayanti yang mulai populer, saat ini saya akan memberikan informasi mengenai pantai yang termasuk baru dibuka dan masih "kinyis-kinyis" yakni Pantai Pok Tunggal. Lokasi pantai ini lebih kurang 2 km timur Pantai Indrayanti. Tepatnya diantara Pantai Indrayanti dan Pantai Sundak.

Daya tarik yang ditawarkan pantai ini adalah pasir putih yang kemilau, ombak pantai yang cukup tenang, gugusan batuan karang yang kokoh, serta tumbuhan dan pepohonan yang teduh dipinggir pantai. Untuk kondisi pantainya sendiri terbilang masih "perawan" karena belum banyak terjamah oleh para wisatawan. 

Untuk rute ke pantai ini dari posisi awal Pantai Indrayanti, ada dua alternatif jalan yang bisa dilalui yakni melalui jalan besar menggunakan kendaraan atau bisa juga cukup jalan (trekking). Apabila menggunakan kendaraan Anda bisa menggunakan jalur dari Pantai Indrayanti menuju ke Kecamatan Tepus. Pada jarak 2,5 km menuju bibir pantainya, Anda akan menemui plang arah menuju Pantai Pok Tunggal di kanan jalan. Dan Anda nanti akan dihadapkan perjalanan bebatuan sepanjang 2 kilometer yang sempit, berkelok-kelok dan agak terjal. Hehe, pelan2 yah jalannya,.,

Tuk mata air yang ada disebutkan dibawah pohon Ambal
Tuk mata air yang ada disebutkan dibawah pohon Ambal

Sementara, apabilan Anda memiliki hobby trekking, bisa menuju ke Pantai Pok Tunggal dengan menyusuri jalan setapak disisi timur Pantai Indrayanti. Sekitar 2 km di sisi timurnya itu nanti Anda akan menemukan pantai pasir putih yang terkenal dengan nama Pantai Pok Tunggal tersebut. Perjalanan yang melelahkan diawal akan terbayar lunas nantinya oleh penampakan eloknya Pantai Pok Tunggal.

Kenapa pantai ini dinamai Pantai Pok Tunggal, pasti pada pengin tahu yah?? Dari informasi warga disekitar ada versi yang mengatakan bahwa nama Pok Tunggal berasal dari nama Kelompok Tunggal, yakni kelompok yang merintis dan mengelola wisata ini. Sedangkan versi lainnya mengatakan nama Pok Tunggal berasal dari kata Tuk Tunggal, yakni satu-satunya tuk (sumber mata air) yang berada di dekat sebuah warung sebelah barat pantai ini. Tuk ini berada di bawah pohon Ambal yang airnya bersih, dan kini diambil menggunakan pompa untuk kebutuhan bersama warga sekitar.

Dari perbincangan dengan beberapa tokoh setempat, diperoleh gambaran bahwa ikon obyek wisata pantai Poktunggal adalah & sumber air di bawah pohon Ambal, juga di pantai ini ada tanaman langka dilestarikan atau disebut pohon Duras, dan yang menarik bagi wisatawan tentunya sunset.

Foto momen saat sunset bisa diabadikan di pantai ini
Foto momen saat sunset bisa diabadikan di pantai ini

Namun pesona yang sesungguhnya dari Pok Tunggal adalah barisan tebing karang yang berdiri gagah bagaikan benteng yang melindungi pantai ini dari dunia luar. Tebing-tebing yang tegak lurus seperti dinding karang setinggi 50-an meter ini sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai arena olahraga panjat tebing. Tentu saja butuh nyali dan keterampilan luar biasa untuk memanjat tebing ini karena hingga kini belum ada jalur pemanjatan (2012). Semoga tak lama lagi ada pemanjat yang menaklukkan tebing ini dan membuka jalurnya.

Tarif parkir
  • Sepeda motor : Rp 2.000
  • Mobil: Rp 5.000
  • Minibus: Rp 15.000

Tarif sewa
  • Payung pantai : Rp 20.000
  • Tenda dome: Rp 60.000

WC umum
  • Toilet: Rp 2.000
  • Mandi: Rp. 5.000

More Picture 
Pantai Pok Tunggal dilihat dari atas sebelah barat
Pantai Pok Tunggal dilihat dari atas sebelah barat

Pantai Pok Tunggal saat mulai rame
Pantai Pok Tunggal saat mulai rame

Pantai Pok Tunggal dengan pohon Durasnya
Pantai Pok Tunggal dengan pohon Durasnya

Ngecamp di Pantai Pok Tunggal
Ngecamp di Pantai Pok Tunggal
More Video



Google Maps

Ditulis Oleh : Boeztanoel ~ SEPUTAR JOGJA

Sobat sedang membaca artikel tentang Pantai Pok Tunggal, Pantai yang masih "Perawan". Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

:: SeputarJogja ! ::

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

14 komentar:

sewamobiljogja mengatakan...

infonya sangat
menarik makasih salam kenal
:)

jualwebmurah mengatakan...

selamat siang semoga sukses

ticket goa pindul mengatakan...

Pantai pok tunggal memang sangat keren mas broow....informasi juga sangat bermanfaat banget!

goa pindul mengatakan...

Sayang Untuk angkutan umum sampai saat ini belum ada yg sampai sana mas , jadi mau tidak mau harus pakai kendaraan sendiri atau rental motor or mobil, jalan yang menuju ke lokasi dari jalur utama saja masih belum terlalu bagus, disisi lain pantai pok tunggal ini jadi semakin alami karena jarang yg berkunjung.

Goa Pindul mengatakan...

Pepatah Jowo

" Nek elek dalan mu mesti apik pantaimu, ning nek apik dalan mu mesti elek pantaimu"

Unknown mengatakan...

ijin copas ya kak :D makasih

Unknown mengatakan...

ijin copy gan :) sankyu

Unknown mengatakan...

Mas dari Lempuyungan mest naik apa untuk kesana

Unknown mengatakan...

http://nulspounya456789.blogspot.com/2015/03/pantai-clungup-malang.html?showComment=1431661233730#c1622540033814318666

Nuansa mengatakan...

gunung kidul memang menyimpan banyak pesona wisata, khususnya wisata pantai yang menawan, sayangnya belum dikelola dengan baik, sehingga hanya ramai dikunjungi wisatawan pada hari libur saja..

Look Jogja mengatakan...

Bener gan, Pantai Pok Tunggal memang bagus banget. Apa lagi pasir dan ombaknya yang kuat. Tidak kalah dengan Pantai Indrayanti deh.

pabrik seragam drumband dan marchingband terbaru mengatakan...

selamat siang terimaksih atas info dan kunjungannya

pabrik seragam drumband dan marchingband terbaru dan terbaik diyogyakarta mengatakan...

selamat siang terimaksih atas info dan kunjungannya

jual seragam drumband dan marchingband mengatakan...

selamat siang terimaksih atas info dan kunjungannya

Posting Komentar

newer posts newer posts back home