RSS

Pantai Sundak (Asu Vs Landak)

Pantai sundak dilihat dari atas
Pantai sundak dilihat dari atas

Lokasi pantai ini berada di kawasan Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi DIY. Pantai ini berdekatan dengan pantai Krakal, Kukup, Drini, Baron dan Sepanjang. Dengan kendaraan roda dua dari Kota Yogyakarta dapat ditempuh sekitar 2-3 jam-an.

Pantai sundak merupakan pantai pasir putih yang dihiasi juga dengan karang-karang besar sebagai tempat persembunyian biota-biota laut mungil. Selain itu, di sebelah timur pantai ini terdapat goa yang terbentuk dari batu-batu karang dengan ketinggian lebih dari 10 meteran. Yang sangat istimewa dari goa ini adalah adanya sumber air tawar yang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk kehidupan sehari-hari. 
Sisi timur Pantai Sundak
Sisi timur Pantai Sundak

Selain itu juga di pinggir pantai ini juga terdapat pohon-pohon yang membuat sejuk hembusan sepoi-sepoi angin laut. Dan di pantai ini juga cocok untuk ngecamp yaitu berada di sekitar area pepohonan tadi. Dengan beralaskan tanah dan beratapkan langit akan menambah kealamian acara ngecamp di pantai sundak ini. Apabila pembaca ingin ngecamp di pantai ini warga sekitar juga ada yang menawarkan kayu bakar untuk membuat api unggun. Mantafb euy.,.,

Menurut cerita yang berkembang, asal mula nama pantai sundak adalah adanya pertarungan antara Asu (Anjing) dan Landak yang terjadi di dalam goa. Dimana pada akhirnya si Anjing berhasil mengalahkan si Landak. Setelah pertarungan tersebut berakhir si Anjing memakan sebagian tubuh si Landak dan keluar goa dengan perasaan senang dan bangga. Hal ini ternyata diketahui oleh pemilik anjing yaitu arjasangku dengan melihat setengah tubuh Landak yang disantap si Anjing. Untuk mengecek sebagian tubuh si Landak, Arjasangku melihat ke dalam goa. Dan ternyata benar adanya. Dan setelah itulah nama pantai ini dikenal dengan nama pantai Sundak.
Bentangan pasir putih Pantai Sundak
Bentangan pasir putih Pantai Sundak

Dan diketahuinya ada sumber air tawar di dalam goa juga diceritakan karena saat pemilik anjing melihat si Anjing basah kuyup menyantap sebagian tubuh si Landak, sehingga si pemilik anjing menduga di dalam goa terdapat sumber air. Dan ternyata benar setelah dicek, di dalam goa terdapat sumber air tawar. Dan pada akhirnya sumber air tawar dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk kehidupan sehari-hari dengan membuat pipa yang dihubungkan dari goa ke rumah-rumah penduduk sekitar.

Kalau pembaca ingin mengecek kebenaran cerita ini silakan saja. Kunjungi pantai sundak sebagai salah tujuan wisata anda bila ingin berlibur ke Gunung Kidul.

 More Picture
Kawasan obyek wisata Pantai Sundak
Kawasan obyek wisata Pantai Sundak
Pantai Sundak saat air surut
Pantai Sundak saat air surut
Ngecamp di Pantai Sundak
Ngecamp di Pantai Sundak
Batu karang di Pantai Sundak
Batu karang di Pantai Sundak
Sisi timur Pantai Sundak
Sisi timur Pantai Sundak
Sunset di Pantai Sundak
Sunset di Pantai Sundak

More Video



Google Map

Ditulis Oleh : Boeztanoel ~ SEPUTAR JOGJA

Sobat sedang membaca artikel tentang Pantai Sundak (Asu Vs Landak). Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

:: SeputarJogja ! ::

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

5 komentar:

Liburan Gunungkidul mengatakan...

Keren..... Gunungkidul banyak menyimpan potensi wisata yang indah. mari kunjungi wisatanya. info hotel dan penginapan,paket wisata, wisata petualangan, hub kami. di tunggu kunjungannya gan. nuwun salam jogja

Unknown mengatakan...

Terima kasih infonya min,
Salam kenal ^_^
Salam Indonesia.

Unknown mengatakan...

keren

Paket Wisata Lombok
Mutiara Lombok
lombok property

Jalan Jalan mengatakan...

Keren mas dab :)
monggo bisa mampir di blog sederhana
http://salamdarinusantara.blogspot.co.id/

Jogjawisataabadi mengatakan...

Info yang bagus gan . salam Wisata :)

Posting Komentar

newer posts back home