RSS

Pantai Indrayanti, "Pantai Kuta" nya Yogyakarta

Penampakan keindahan nan elok diempat sudut Pantai Indrayanti
Penampakan keindahan nan elok diempat sudut Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti ini terletak di wilayah Wonosari diantara Pantai Sundak dan Pantai Siung. Tepatnya beralamat di Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia. Pantai ini merupakan pantai yang digembar-gemborkan mirip dengan panorama di Pantai Kuta Bali. Pantainya berpasir putih, air laut sejernih kaca dengan ombak yang tak terlalu besar, sangat cocok bagi wisatawan yang gemar dengan wisata air.

Untuk sampai ke pantai ini dari arah Kota Yogyakarta lebih kurang berjarak 70 km. Dan rute yang bisa digunakan ada jalur umum yakni melewati Jalan Wonosari --> Piyungan --> Hargodumilah atau Bukit Bintang --> Patuk --> Hutan Bunder --> Wonosari --> ke kanan/selatan ambil kawasan Karangrejek --> belok kiri/timur menuju Hargosari --> Bintaos --> Tepus --> nah di sini sudah banyak papan penunjuk arah lokasi-lokasi wisata pantai.

Suasana Pantai Indrayanti saat ramai pengunjung
Suasana Pantai Indrayanti saat ramai pengunjung

Sedangkan untuk jalur alternatif bisa menggunakan rute jalur pantai selatan yakni lewat Imogiri --> Siluk --> Panggang --> ambil kiri/timur arah Saptosari --> Trowono --> belok kiri ke arah Baron. Dari kawasan Baron ini --> menuju arah kiri/timur kita sudah berada pada deretan kawasan wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul, tinggal pilih lokasi mana yang hendak dituju. Untuk sampai di Pantai Indrayanti  dari Baron masih menempuh jarak sekitaran 10 km, lurus ke arah timur. 

Dan untuk sejarah penamaan Pantai Indrayanti ini ternyata dulunya bernama Pantai Pulang Syawal, namun namanya malah lebih populer dengan nama Pantai Indrayanti. Usut punya usut ternyata penamaan Pantai Indrayanti dikarena salah satu cafe & resto disana dinamai "Indrayanti". Dan para wisatawan menganggap pantai ini namanya Indrayanti tadi. Ckckc, pasti rame tuh cafe & resto yang dinamai "Indrayanti" tadi,.,

Bagi yang ketahuan buang sampah sembarangan siap2 kena denda, Haha,.,
Bagi yang ketahuan buang sampah sembarangan siap2 kena denda, Haha,.,

Berbeda dengan pantai-pantai lain yang agak kotor, sepanjang garis pantai Indrayanti terlihat bersih dan bebas dari sampah. Hal ini dikarenakan pengelola disana tak segan-segan menjatuhkan denda sebesar Rp. 10.000 untuk tiap sampah yang dibuang oleh wisatawan secara sembarangan. Karena itu Indrayanti menjadi tempat yang nyaman untuk dikunjungi. 
 
Biaya tiket masuk Pantai Indrayanti ini lumayan murah yakni Rp 5.000. Dan tidak lupa juga berbagai macam fasilitas yang ditawarkan pantai ini diantaranya restoran, gazebo, payung untuk berteduh, bermain layang-layang, hingga jetski yang bisa disewa per 15 menit bertarif 250 ribu menyusuri pinggiran laut selatan seputar kawasan wisata. 

Dan bagi yang berminat menginap, losmen disana mematok tarif antara Rp350 ribu sampai Rp700 ribu per malam. Check in dihitung mulai pukul 15.00 dan check out pukul 12.00 esok harinya. Meski terhitung mahal, namun, pada hari-hari biasa saja semua losmen di tempat ini nyaris full booking

More Picture
Gazebo di Pantai Indrayanti
Gazebo di Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti dilihat dari sisi barat
Pantai Indrayanti dilihat dari sisi barat
Suasana saat mulai ramai di Pantai Indrayanti
Suasana saat mulai ramai di Pantai Indrayanti
Sunset di Pantai Indrayanti
Sunset di Pantai Indrayanti

More Video


Google Maps 

Ditulis Oleh : Boeztanoel ~ SEPUTAR JOGJA

Sobat sedang membaca artikel tentang Pantai Indrayanti, "Pantai Kuta" nya Yogyakarta. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

:: SeputarJogja ! ::

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

14 komentar:

Prima mengatakan...

Juni 2013 kemarin ke Indrayanti setelah penasaran lihat di internet, jarak tempuh 2 jam pas dgn sepeda motor ( Itu jg krn macet byk bus wisata dll, krn bertepatan dgn waisak ) kalau pas hari biasa paling sekitar 90 menitan sdh smpe. Pantainya bener2 indahhhhh, gak perlu jauh2 ke Bali, di Jogja jg skrg ada.Setiap ke Jogja harus mampir kesini kalau ga rugiii ^_^.

Bobi mengatakan...

om , kalo dari stasiun tugu ke pantai ini naik apaan ?? waktu tempuh berapa lama ??
mohon pencerahan nyah ..
dan berhubung di pantai itu hotelnya mahal , mungkin jam 8 mlm saya akan balik k daerah keraton jogja mencari hotel yang murah ..
saya orang cirebon , lebaran ini ingin berlibur ke sana ,, mohon pencerahannya om ke email saya
bobby.herbie05@gmail.com
,, trimaksih sblum nya om

Unknown mengatakan...

beneran tu dijaga banget, sampai ada denda untuk yang buang sampah sembarangan. Good!!
Dunia Wisata Tour Organizer
call 0341-456444
web www.duniawisataku.com
Enjoy travelling wit us!!

Delyanti Anak Medan mengatakan...

Mau tau juga donk mas, rute menuju pantai indrayanti kalau dari Malioboro itu gmn?
saya rencana awal oktober mau ajak keluarga ke sana, sekitar 4 orang. Ini pertama kali kluarga saya keluar kota, dan itu ke jogja...jadi pengen menyenangkan ibu...

mohon infonya ke: delonthetop1@gmail.com ya mas...

matur nwun...:)

goa pindul mengatakan...

Pantai indrayanti memang sangat keren bro, tapi kalau pas weekend hati hati, jalan kesana sering macet.

Unknown mengatakan...

mas mw tanya dunks..klo dari stasiun lempuyangan ke pantai indrayanti naik ap...??jarak tempuh brpa km...trus waktunya berapa lama...?
Makasih ^_^

goa pindul mengatakan...

Mbak Ratnasari, bila ingin ke pantai indrayanti dari stasiun lempuyangan paling enak pakai mobil pribadi atau rental karena untuk angkutan umum belum ada yang sampai sana. Jarak Lempuyangan - Pantai Indrayanti sekitar 90 km, bila pakai mobil jarak tempuhnya 2,5 jam perjalanan.

pakettourjogja86 mengatakan...

setuju tapi selain indrayanti banyak juga lho pantai indah di jogja

Unknown mengatakan...

waw keren pantainya :)
kapan-kapan bisa dtng ksini nih

Paket Wisata Lombok
Mutiara Lombok
lombok property

Unknown mengatakan...

Aku mau kesini ah..,keren bangettttt.......

tiket goa pindul mengatakan...

suasana keindahan di pantai indrayanti memang benar-benar sangat bagus,gunungkidul kaya akan potensi wisata pantai yang indah salah satu nya pantai ini.

Goapindul.net mengatakan...

Pantai indrayanti memang keren, tapi hati hati, jalan ke arah sana berkelok kelok, jadi ekstra waspada ajah...

guapinduljogja.com mengatakan...

Pantai ini indah sekali merupakan perpaduan bukit dan pantai, sepanjang jalan menuju pantai indrayanti pun indah sehingga tak akan bosan

my services mengatakan...

طارد الذبان
كشف التسربات بالرياض
شقق للايجار حي النسيم الشرقي الرياض
عازل حراري للخزانات
مواصفات عزل الفوم
شركة الصفرات لتنظيف الفلل
طوارئ المجاري
مواد تنظيف خزانات المياه
انواع خزانات المياه المنزلية
حي النخيل الشرقي بالرياض

Posting Komentar

newer posts newer posts back home