RSS

Candi Pawon, Poros Tengah 3 Candi Budha di Magelang

Candi Pawon Magelang, Jawa Tengah

Candi Pawon merupakan candi yang berada di tengah-tengah 3 candi populer di Magelang yakni Candi Borobudur dan Candi Mendut. Letaknya kira-kira 1.750 m timur Candi Borobudur dan 1.150 m barat Candi Mendut. Untuk lokasinya sendiri candi ini beralamat di Desa Brojonalan, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. 

Jika dilihat dari letaknya tadi berada di tengah candi-candi di Magelang, maka dipastikan candi Pawon ini ada keterkaitan dengan 2 candi lainnya. Seperti kemiripan dari motif pahatan atau reliefnya ketiganya hampir sama. Bahkan setelah diteliti lebih lanjut ada indikasi bahwa relief Candi Pawon ini merupakan relief permulaan dari Candi Borobudur. 

Bentuk candi ini adalah persegi empat dengan atap bertingkat dan terdapat sebuah bilik di dalamnya. Ukurannya cenderung lebih kecil daripada Candi Mendut. Tersusun atas batuan vulkanik yang menggabungkan seni arsitektur Hindu Jawa Kuno dan Hindia. Candi yang pernah dipugar tahun 1903 dan selesai tahun 1904 ini memiliki fitur teras dan tangga yang lebar.

Semua bagian-bagiannya dihiasi dengan stupa. Dinding-dinding luar candi dihias dengan relief pohon hayati (kalpataru) yang diapit pundi-pundi dan kinara-kinari. Kinari merupakan gambaran makhluk setengah manusia setengah burung. Kinari digambarkan berkepala manusia berbadan burung. Tata gerak kinari pada masing-masing sisi berbeda satu dengan yang lain.

Mengenai penamaan Candi Pawon, terdapat penafsiran dari berbagai pihak. JG de Casparis, menafsirkan nama Pawon berasal dari bahasa Jawa, yaitu 'awu' yang berarti abu. Kata tersebut kemudian mendapat awalan 'pa' dan akhiran 'an' yang menunjuk pada suatu tempat, yaitu perabuan.

Sementara itu, dalam bahasa Jawa percakapan, kata 'pawon' mempunyai arti dapur. Candi Pawon juga memiliki nama lain, yaitu Candi Bajranalan, nama tersebut diduga berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu 'vajra' yang berarti halilintar dan kata 'anala' yang artinya api.

Mengingat Candi Pawon ini letaknya tidak begitu jauh dari Candi Borobudur dan Candi Mendut, maka saya sarankan Anda mengunjunginya juga. Karena selain hemat di ongkos perjalanan yang cukup dekat lokasinya, Anda juga bisa membandingkan bagaimana kenampakan relief diketiga candi tersebut. Beneran ada kesamaan tidak.?? Hehe, monggo dicek sendiri di tekape. 

More Picture
Candi Pawon dilihat dari posisi depan

 Bagian atas Candi Pawon

Relief di Candi Pawon

Candi Pawon saat dulu pernah sempat dibenahi

 More Video

Ditulis Oleh : Boeztanoel ~ SEPUTAR JOGJA

Sobat sedang membaca artikel tentang Candi Pawon, Poros Tengah 3 Candi Budha di Magelang. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

:: SeputarJogja ! ::

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Unknown mengatakan...

oww yang ini namanya candi Pawon!!
Dunia Wisata Tour Organizer
call 0341-456444
web www.duniawisataku.com
Enjoy travelling wit us!!

alwafaa campany mengatakan...

https://alwfaa-campany.com/
شركة تنظيف مجالس بالخبر
شركة تنظيف فلل بالخبر
شركة تنظيف منازل بالخبر
شركة تنظيف بالخبر
شركة تنظيف مجالس بالدمام

Posting Komentar

newer posts back home