RSS

Udang Galah Gubug Makan Mang Engking

Sajian Makanan di Gubug Mang Engking
 
Memandang hamparan sawah luas terbentang, deretan pohon kelapa yang membingkai tepian desa, diselingi suara gemericik air dari ikan-ikan yang berenang bebas di kolam alam, sambil menyantap udang galah nan lezat. 

Bila anda bosan dengan suasana makan ala resto yang monoton, mending langsung aja datang ke Gubug Makan Mang Engking di Desa Sendangrejo yang terletak di Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman. Lokasinya lebih kurang 20 km arah barat laut Tugu Yogyakarta.

Suasana pedesaan menyapa saat memasuki jalan menuju Desa Sendangrejo, selepas jalan-raya Gedongan-Tempel atau kalau mau dekat bisa melewati rute Tugu Yogyakarta ke barat-perempatan demakijo ke barat-perempatan pasar godean ke barat-perempatan gedongan ke utara sekitar 3-4 km.

Di sepanjang jalan desa yang sudah beraspal dan muat untuk dua mobil berpapasan terhampar sawah luas seolah tak terbatas. Saat sore menjelang, pemandangan ini berhias burung-burung kuntul putih yang menghinggapi ujung padi.

Sekitar tiga km dari jalan raya, di sebelah timur jalan desa mulai dijumpai papan penunjuk menuju Gubug Makan Mang Engking yang menawarkan hidangan utama udang galah dan gurame. Seperti udang pada umumnya, udang galah mengandung protein tinggi hingga 21 persen, dan rendah kolesterol karena mengandung lemaknya hanya 0,2 persen saja.

Santapan udang galah yang besarnya mencapai dua jari tangan orang dewasa menjadi semakin istimewa karena dinikmati sambil lesehan di gubug terbuka di tengah sawah, beratap sirap yang bertiang dan berlantai bambu.

Udang galah memang menjadi menu andalan di Gubug Makan Mang Engking, terutama udang galah bakar madu yang dibalut resep rahasia bumbu tradisional. Selain dibakar, udang galah juga dapat digoreng, direbus, atau dimasak saus tiram dan bumbu lainnya sesuai selera. Ada pula menu udang galah goreng saus mentega yang tak kalah lezatnya.

Udang galah bakar madu Mang Engking memang paling juara dan super enak. Saking enaknya, kepala, kaki, ekor hingga kulit-kulitnya yang bersaput bumbu bisa dilahap semua. Udang gorengnya yang garing menjadi penyeimbang yang tepat bagi udang bakar sarat bumbu. Rasa manis dan gurih udang segari goreng semakin dikuatkan oleh bumbunya yang sederhana.

Di samping udang galah tersedia pula menu lauk lain berupa kepiting dan gurame. Sebagai pelengkap tersedia lalapan, cakangkung, dan karedok. Restoran ini juga menawarkan menu spesial udang galah super yang biasanya menjadi salah satu komoditas ekspor. Udang galah madu ini dipadukan dengan nasi hangat dan juga lalapan. Sebaiknya memang dimakan selagi hangat, karena akan memberikan sensasi tersendiri bagi menu tersebut.

Satu udang galah berisi 1 kilo udang galah, untuk yang udang galah super sebesar Rp 117.000, dan kalau yang standar Rp 109.000. kalau sepi, paling hanya 40 kilo yang habis terjual, tapi kalau sedang ramai-ramainya biasanya dari dua lokasi tersebut menghabiskan hingga 1 kuintal.

Selain udang galah ada menu lainnya yakni gurame asam manis, goreng, goreng bumbu cobek dan bakar. Dengan harga perkilogram untuk ukuran besar Rp 54.500, ukuran sedang Rp 44.500, dan ukuran kecil Rp 34.500.

Ditulis Oleh : Boeztanoel ~ SEPUTAR JOGJA

Sobat sedang membaca artikel tentang Udang Galah Gubug Makan Mang Engking. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

:: SeputarJogja ! ::

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

newer posts newer posts back home