RSS

Pantai Parangtritis Paris-Nya Yogyakarta

Suasana sore di Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang terkenal dibanding pantai-pantai lainnya di wilayah Yogyakarta. Banyak wisatawan yang mampir ke Yogyakarta pasti menyempatkan berwisata sejenak ke pantai ini. Lokasinya dari pusat kota Yogyakarta adalah sejauh 27 km. Tepatnya berada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Provinsi DIY. Untuk sampai ke lokasi wisata perjalanannya cukup nyaman karena jalannya relatif datar dan lebar. Terdapat dua alternatif jalur yaitu Jalur utama : Yogyakarta – Jalan Parangtritis – Kretek – Parangtritis dan Jalur kedua : Yogyakarta – Jalan Imogiri – Imogiri – Siluk – Parangtritis. Kedua jalur ini nantinya akan bertemu pada pertigaan setelah jembatan Kretek (Bantul).


Awal mula nama Pantai Parangtritis konon dijabarkan dari dua kata yaitu Parang dan Tumaritis. Parang diartikan celah di sela-sela batu karang sedangkan Tumaritis diartikan air yang menetes. Dan kemudian dari dua kata itu disatukan menjadi nama Parangtritis yang dapat diartikan air yang menetes pada batu karang. Banyak juga masyarakat Yogyakarta yang nyleneh sering mengeja kata Parangtritis menjadi kata Paris, jadi jangan heran kalau ada yang bergumam : Yuk ke Paris! (Parangtritis maksudnya, Hehehe).

Pantai yang terkenal dengan sebutan Pantai Selatan ini menyimpan sejuta pesona baik pandangan alam dan legendanya. Menurut legendanya Pantai Parangtritis merupakan kepunyaannya Ratu Laut Kidul yang bernama Nyi Roro Kidul. Konon Nyi Roro Kidul menyukai warna hijau pupus sehingga para wisatawan disarankan tidak memakai baju dengan warna tersebut. Diyakini nantinya yang memakai baju warna tersebut dapat bernasib naas bila berkunjung ke pantai ini.

Di luar mitos diatas Pantai Parangtritis menyajikan panorama lepas pantai yang landai dan dataran pasir hitam nan luas. Ombak yang begitu besar menambah keindahan pantai dikala siang ataupun sore hari. Bagi yang suka berenang di pantai dilarang untuk berenang melewati zona aman berenang karena di pantai ini sudah banyak wisatawan yang tewas tenggelam. BAHAYA jika mengabaikan larangan-larangan tersebut, nyawa anda menjadi taruhannya.

Selain dapat merasakan keindahan pantainya di Pantai Parangtritis juga terdapat persewaan kendaraan ATV (All Terrain Vehicle). Bila anda ingin mengendarainya anda harus merogoh kocek antara 50-100 ribu per setengah jam. Nah, bagi yang suka kendaraan yang pelan-pelan anda bisa menyewa bendi (kendaraan roda dua yang dijalankan oleh seekor kuda). Untuk tarifnya tergantung tawar-menawar dengan si pemilik bendinya. Setelah deal nanti dengan bendi anda dapat menyuri pinggiran pantai ke ujung barat ataupun ke ujung timur pantai dengan kendaraan ini tanpa perlu capek.

Ditulis Oleh : Boeztanoel ~ SEPUTAR JOGJA

Sobat sedang membaca artikel tentang Pantai Parangtritis Paris-Nya Yogyakarta. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

:: SeputarJogja ! ::

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar

newer posts newer posts back home