RSS

Pantai Siung, Surganya para Pemanjat Dunia

Pantai Siung dilihat dari atas bukit

Pantai Siung merupakan salah satu jejeran pantai berpasir putih di Gunung Kidul. Lautnya yang biru dan pasir putih yang masih terjaga menjadikannya pilihan utama untuk melepas lelah dan penat. Dibandingkan dengan pantai Baron maupun pantai Parangtritis yang lebih populer, pantai ini tidak kalah indahnya. Masyarakatnya juga sangat ramah, yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan dan petani garam.

Pantai Siung terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Berjarak kurang lebih 35 Km dari Wonosari dan kurang lebih 70 Km dari arah kota Yogyakarta. Jalan yang sudah diaspal memudahkan akses menuju pantai ini. Namun untuk moda angkutan yang masuk ke obyek wisata ini sangat sedikit dan jarang, jadi bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai ini ada baiknya menggunakan kendaraan sendiri atau mencarter kendaraan dari Yogyakarta.
Eloknya pantai Siung dipadukan dengan langit yang biru

Bukan hanya pasir putih dan keindahan alamnya, ternyata pantai Siung sangat terkenal didunia terutama dikalangan para Climber Dunia. Ada yang mengatakan pantai Siung merupakan “Surganya pemanjat tebing” sehingga obyek wisata pantai Siung dinobatkan sebagai kawasan wisata minat khusus panjat tebing. Bahkan disini pernah diselenggarakan Asian Climbbing Gathering pada tahun 2005 yang diikuti oleh beberapa negara di Asia.

Pantai yang diapit dua bukit berpasir putih ini memiliki gugusan karang yang sudah diakui pecinta olahraga ekstrem dunia. Kurang lebih ada 250 jalur panjat yang telah dibagi menjadi beberapa blok. Tebing yang digunakan untuk memanjat adalah tebing bagian Barat Pantai Siung.
Gugusan karang disalah satu sudut pantai Siung

Selain itu, dikawasan pantai Siung merupakan tempat habitat kera ekor panjang. Binatang langka ini biasanya akan muncul saat matahari tenggelam dan suasana pantai tidak terlalu ramai lagi oleh para pengunjung atau para climber.

Sedangkan bagi yang ingin berkemah, disini tersedia pula Ground Camp disebelah timur pantai. Sekedar api ungguna untuk melewatkan malam, yang sayang apabila dilewatkan begitu saja.

Sumber : Infobackpacker magazine

Ditulis Oleh : Boeztanoel ~ SEPUTAR JOGJA

Sobat sedang membaca artikel tentang Pantai Siung, Surganya para Pemanjat Dunia. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

:: SeputarJogja ! ::

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Annosmile mengatakan...

wah jadi pengen ke pantai siung lagi nih..:D

Posting Komentar

newer posts newer posts back home