RSS

Bakmi Kadin Yogyakarta

Bakmi Kadin
Bakmi Kadin

BAKMI KADIN
Jl. Bintaran Kulon No. 3 dan. 6 Yogyakarta
Jam buka: 10.00-24.00
Kisaran harga: Rp 11.000-Rp 25.000 (tahun 2013)
Telepon : (0274) 373396 HP : 0878 385 96 400

Ingin melepas hasrat makan enak di Yogyakarta? Coba Anda mampir ke Bakmi Kadin yang sudah sangat kondang di seantero Kota Gudeg itu. Di sana Anda menemukan sensasi rasa bakmi jawa yang tiada duanya. Sebuah perpaduan yang sempurna antara mi, kuah dan ubarampe-nya.

Pendiri Bakmi Kadin adalah Bapak Karto Pawiro. Kini dikelola oleh generasi kedua, yakni Pak Rochadi. Pada papan nama terpampang foto dan tulisan pemilik. Foto di sebelah kanan adalah Pak Rochadi, sedangkan di sebelah kiri adalah Ibu Hj. Karto (istri sang pendiri).

Saat awal berjualan tahun 1947, Pak Karto menggunakan sebuah gerobak yang didorong dari rumah hingga ke tempat tujuan. Setiap hari, istri dan anaknya setia menemaninya berjualan. Menu yang dijual pun tak berubah hingga sekarang, yaitu bakmi, baik yang goreng maupun yang rebus (godhog). Dalam perkembangannya kini juga menjual cap cay.
Harga per porsi bakmi bervariasi tergantung pesanan. Seporsi bakmi goreng/godhog tanpa telur dibandrol Rp 11.000, dengan telur Rp 15.000, sedangkan bakmi jumbo goreng/godhog super dengan telur harganya cukup lumayan Rp 28.000. Tapi harga tersebut sangat pantas untuk sebuah citarasa yang berkelas.

Setelah menikmati sensasi rasa bakmi yang  “nendang” habis, kurang afdol rasanya kalau tidak mencoba minumannya. Minuman khas yang menjadi teman makan bakmi di tempat ini adalah bajigur yang merupakan campuran dari santan, kelapa muda yang dipotong kecil-kecil, roti tawar, kolang-kaling dan jahe. Minuman hangat ini tampaknya sudah “jodoh” dengan sepiring bakmi godhog atau bakmi goreng yang panas berasap. Selain bajigur, tersedia juga minuman lain, seperti es jeruk dan es teh. Segelas bajigur dan es jeruk dipatok Rp 3.500, sedangkan es teh Rp 2.000.

Bahan-bahan yang digunakan sebagai pelengkap manu bakmi juga spesial. Telur yang digunakan bukan telur ayam, melainkan telur itik, sedangkan ayam yang digunakan adalah ayam kampung yang dipilih langsung oleh Pak Rochadi sebelum disembelih. Pantang bagi Pak Rochadi menggunakan ayam yang sudah dipotong. Dengan begitu, mutu ayamnya selalu terjamin. Seperti bakmi jawa pada umumnya, Bakmi Kadin juga menyertakan irisan kekian (sejenis cakwe) yang kenyal.

Soal rasa, pantas mendapat acungan dua jempol. Tekstur bakminya benar-benar kenyal berpadu dengan rasa kuahnya yang gurih. Bakmi gorengnya tidak terlalu manis, sangat pas terasa di lidah. Suwiran ayamnya yang empuk membuat kita sibuk mencarinya diantara tumpukan bakmi yang menggunung. Bagi yang suka pedas, cabai rawit utuh siap membuat Anda mendesis-desis kepedasan.

Kompor arang (anglo) menjadi andalan Pak Rochadi ketika memasak. Aroma dan rasa yang ditimbulkan dari kompor arang ini konon bisa membuat masakan menjadi lebih lezat. Dulu, Pak Rochadi turun tangan sendiri meracik dan memasak bakmi pesanan pelanggannya. Tapi kini beliau menyerahkan tugas itu ke beberapa keponakannya. Jangan khawatir soal rasa karena Pak Rochadi secara rutin mengontrol dan mencicipi masakan mereka.

Kelezatan Bakmi Kadin ternyata juga sampai ke Jakarta. Saat Presiden Soeharto memerintah, Bakmi Kadin selalu diundang ke Istana Negara setiap perayaan 17 Agustus. Setelah acara selesai, pasti diminta datang ke pertemuan keluarga besar Cendana untuk menyediakan konsumsi keluarga presiden saat itu. Para pejabat di Yogyakarta atau pejabat yang sedang berkunjung ke Yogyakarta pun menjadi pelanggan setianya.

Pengin ke sana? Cari saja Jalan Bintaran Kulon. Dari jalan Malioboro ke arah Selatan, Anda bakal menemukan kantor pos besar di dekat alun-alun utara, lantas belok ke arah timur. Lurus saja. Arahkan kendaraan Anda ke kanan setelah menemui Super Indo. Di sana sudah terlihat papan nama Bakmi Kadin.
 
Seperti kata pepatah, semakin tinggi pohon semakin kencang pula tertiup angin. Tampaknya pepatah lama ini dialami pula oleh Pak Rochadi sebagai pewaris Bakmi Kadin yang asli. Kini, ternyata banyak ditemukan warung serupa yang memanfaatkan nama Bakmi Kadin tanpa seizinnya. Karena itu, pada papan nama, Pak Rochadi menambahinya dengan embel-embel “yang ASLI”. Bakmi Kadin kini memiliki cabang asli, tetapi hanya dua, di Jakarta dan Semarang.
Sumber : Tempat makanan favorit 6 kota

More Picture
Bakmi Kadin Godhog / Rebus
Bakmi Kadin Godhog / Rebus
Bakmi Kadin Goreng
Bakmi Kadin Goreng
Harga menu masakan di Bakmi Kadin Yogyakarta
Harga menu masakan di Bakmi Kadin Yogyakarta
Suasana pengunjung masakan Bakmi Kadin Yogyakarta
Suasana pengunjung masakan Bakmi Kadin Yogyakarta
 
Google Maps 

Ditulis Oleh : Boeztanoel ~ SEPUTAR JOGJA

Sobat sedang membaca artikel tentang Bakmi Kadin Yogyakarta. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

:: SeputarJogja ! ::

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Halimatus S. mengatakan...

ternyata bakmi yaa terkenal khasnya di Jogja?
Dunia Wisata Tour Organizer
call 0341-456444
web www.duniawisataku.com
Enjoy travelling wit us!!

Poskan Komentar

newer posts newer posts back home